Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Promosi untuk Meningkatkan Repeat Order

Promosi bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan, baik itu penjualan kepada pelanggan baru maupun repeat order oleh pelanggan lama. Kedua jenis pelanggan ini sama pentingnya. Namun, pembeli baru terkadang hanya sekedar mampir lewat, mungkin orang luar daerah sehingga kecil peluang untuk terjadi pembelian kembali. Berbeda dengan pelanggan tetap, kesempatan kita untuk meningkatkan repeat order sangat terbuka lebar.

meningkatkan repeat order


Permasalahannya sekarang, bagaimana cara agar repeat order terjadi? Secara alami, tanpa promosi pelanggan tetap pasti akan kembali berbelanja di minimarket Anda. Hanya saja intensitas repeat order tidak bisa dikatakan sering. Jadi, Anda harus mengupayakan agar pelanggan melakukan pembelian lagi.

Mari kita bahas beberapa hal yang dapat memaksimalkan potensi repeat order.

#1 Berikan Pelayanan Terbaik sejak Awal

Semua pelanggan ingin pelayanan terbaik. Pastikan setiap pengunjung yang datang berbelanja ke minimarket Anda mendapat pelayanan ramah. Pelayanan ini tidak hanya soal bersikap ramah kepada konsumen namun juga menyangkut tentang kebersihan barang dan rak serta kondisi minimarket.

Intinya buat mereka merasa nyaman. Kalau sudah begitu, peluang terjadinya repeat order akan meningkat.

#2 Berikan Penawaran Menarik untuk Pelanggan

Orang sering kali kembali berbelanja di tempat yang sama karena tergiur dengan promosi yang menarik. Anda bisa membuat penawaran menarik untuk pelanggan. Saya berikan contoh promosi untuk meningkatkan repeat order

Kupon belanja gratis

Buatlah kupon belanja gratis, misalnya setiap belanja minimal Rp 100.000,- pembeli mendapatkan 1 kupon belanja. Kumpulkan 25 kupon dan dapatkan voucher belanja gratis senilai Rp 100.000,-.

Anda harus melakukan hitung-hitungan untuk ini. Jangan sampai promosi untuk meningkatkan repeat order ini malah merugikan Anda.

Undian berhadiah

Selain kupon belanja gratis, Undian berhadiah bisa jadi alternatif lain untuk mendongkrak penjualan. Menurut saya, cara ini lebih murah karena mengumpulkan dari hasil belanja semua pelanggan dengan kriteria tertentu tapi hanya kita berikan kepada satu, dua atau tiga orang saja yang beruntung. Sisanya masuk keuntungan minimarket.

Namun untuk menarik perhatian pelanggan, berikanlah penawaran hadiah yang menarik. Tentu saja Anda harus meng-kalkulasi berapa keuntungan dan berapa bagian untuk biaya promosi hadiah undian ini.

#3 Ciptakan Kedekatan Emosional dengan Pelanggan

Seringkali pelanggan melakukan repeat order karena mereka sudah saling mengenal dengan karyawan minimarket. Ini artinya kedekatan emosional juga berperan penting dalam meningkatkan repeat order.

Anda bisa membangun hubungan dengan konsumen dengan menyediakan media komunikasi misalnya membuat grup atau fanspage di facebook dan lain sebagainya. Tentu saja harus disertai dengan pelayanan yang cepat dan ramah sehingga mereka merasa diistimewakan.

Itulah beberapa langkah untuk meningkatkan repeat order yang patut Anda jalankan. Mengapa? Karena repeat order atau pembelian kembali oleh konsumen ini bisa menjadi indikator tingkat kepuasan mereka
terhadap minimarket Anda.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

Posting Komentar untuk "Strategi Promosi untuk Meningkatkan Repeat Order"