Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Kupon Undian Berhadiah sebagai Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

Undian berhadiah sudah umum digunakan dalam sebuah promosi penjualan. Strategi promosi seperti ini umumnya dilakukan dengan cara memberikan kupon undian berhadiah untuk pelanggan. Selanjutnya, kupon akan dikumpulkan dan diundi pada periode waktu tertentu untuk menentukan pemenang hadiah.

Kupon Undian Berhadiah


Pada artikel tips promosi kali ini, saya akan berbagi cara memaksimalkan strategi promosi kupon undian berhadiah.

Buat Perencanaan Program Kupon Undian Berhadiah

Pertama, Anda harus mempersiapkan desain atau rancangan jalannya program undian berhadiah ini. Perencanaan seperti ini sangat penting supaya program kupon undian berhadiah yang akan Anda jalankan berjalan sesuai rencana dan mencapai target yang diinginkan.

Pada tahap perencanaan ini, Anda bisa menentukan misalnya, hadiah apa saja yang akan dibagikan untuk pemenang undian. Seberapa banyak pemenang yang akan menerima hadiah dan besar nominal total hadiah yang akan Anda bagikan.

Perencanaan sederhana seperti ini sangat penting karena menyangkut seberapa besar beban biaya yang akan Anda keluarkan untuk membuat program kupon undian berhadiah. Jangan lupa, Anda juga harus pandai berspekulasi terhadap untung dan rugi.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan jangka waktu program kupon undian berhadiah.

Biasanya, program promosi seperti ini akan memberikan hadiah dengan nominal yang cukup besar untuk menarik konsumen. Di sini, Anda harus berhati-hati karena jika salah perhitungan, maka bisa menimbulkan kerugian, mau untung malah jadi buntung.

Sebaiknya berikan estimasi waktu yang cukup panjang untuk program undian dengan nilai hadiah besar. Penetapan jangka waktu promosi yang panjang dapat mengurangi risiko kerugian jika ternyata penjualan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Di sisi lain, Anda harus menetapkan target penjualan yang akan Anda dapatkan sehingga mendapatkan laba, untung sesuai harapan.

Secara sederhana, saya mengambil pokok-pokok dalam tahap perencanaan program kupon undian berhadiah ini antara lain adalah
  1. Budget biaya pelaksanaan program kupon undian berhadiah.
  2. Target Penjualan harus lebih besar dari budget biaya pelaksanaan program.
  3. Total nilai dan jumlah hadiah.
  4. Jumlah Pemenang Undian.
  5. Jangka waktu, lama masa berlaku program undian kupon berhadiah. 

Menetapkan Syarat dan Ketentuan Program Kupon Undian Berhadiah

Baik Anda maupun konsumen harus patuh pada syarat dan ketentuan, aturan main program kupon undian berhadiah yang akan Anda jalankan. Untuk itu, persiapkanlah syarat dan ketentuan yang akan berlaku untuk program promosi ini dengan baik.

Aturan main ini program promosi kupon undian berhadiah ini bebas, Anda yang menentukan selagi tidak merugikan diri Anda sendiri, terlebih konsumen.

Syarat ketentuan ini misalnya menyangkut :
  1. Barang atau produk yang jika dibeli, maka konsumen akan mendapatkan kupon undian
  2. Besar nominal belanja konsumen, contohnya, belanja minimal Rp 100.000,- mendapatkan 1 kupon undian. (Bisa berlaku kelipatan atau tidak, semua terseah Anda).
  3. Penetapan masa berlaku program promosi kupon undian berhadiah. Beritahukan juga pada konsumen dengan jelas waktu pengundian hadiah.
  4. Mekanisme penentuan pemenang
  5. Mekaninsme pengambilan hadiah oleh pemenang, bisa termasuk batas akhir pengambilan hadiah dan atau pembatalan hadiah.
  6. Dan lain sebagainya
Beberapa hal di atas hanyalah contoh. Anda bisa kembangkan sendiri sesuai situasi dan kondisi yang Anda hadapi.

Kupon Undian dan Kotak Undian

Kupon undian dan kotak undian harus Anda persiapkan. Pengadaan kupon dan kotak undian masuk ke dalam budget biaya pelaksanaan program.

Desain kupon undian harus bisa mengakomodasi dan memudahkan Anda dalam menghubungi pemenang undian agar hadiah dapat sampai ke tangan yang berhak.

Sedangkan ukuran kotak undian, tergantung dari target penjualan dan masa berlaku program pada saat tahap perencanaan.

Umumkan secara Jelas Program Kupon Undian Berhadiah Anda

Sebarkan informasi jika di minimarket Anda sedang ada program kupon undian berhadiah. Anda bisa membuat poster atau selebaran untuk tujuan ini. Bahkan jika Anda juga aktif di media sosial, silahkan manfaatkan Facebook, WhatsApp dan lain sebagainya.

Ikuti Syarat dan Ketentuan yang Sudah Ditetapkan

Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti aturan main yang telah Anda buat sebelumnya hingga hadiah sampai ke tangan pemenang undian.

Seperti itulah gambaran pelaksanaan program kupon undian berhadiah yang secara umum berlaku di minimarket.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

5 komentar untuk "Program Kupon Undian Berhadiah sebagai Strategi untuk Meningkatkan Penjualan"

  1. ada nggak kak teori yang dari buku mengenai pemberian undian ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sih ada, tapi sejauh ini saya belum pernah baca buku tentang undian berhadiah. Tapi di internet banyak informasi mengenai itu kok.

      Hapus
  2. Terima kasih mas atas ilmunya ,beberapa waktu lagi akan saya praktek kan ilmu yg anda bagikan ini.

    BalasHapus
  3. UNTUK IJIN KE DINAS SOSIAL BAGAIMANA

    BalasHapus
  4. Terimakasih... Sangat membantu

    BalasHapus