Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kasir Minimarket

Kasir adalah salah satu posisi yang sangat penting pada sebuah minimarket. Hal ini karena kasir merupakan orang yang berhadapan langsung dengan konsumen dan keuangan minimarket. Maka, orang yang layak menempati jabatan ini adalah dia yang berkepribadian baik, berpenampilan menarik serta teliti dan tidak ceroboh. Kasir yang sopan dan bisa melayani pelanggan dengan baik tentu akan mempermudah Anda mencapai target closing penjualan. Untuk itu, seorang kasir harus mengetahui apa tugas dan tanggung jawab mereka.

Seorang kasir melayani pelanggan
Kasir minimarket melayani pelanggan - gambar : via Pixabay.com

Apa Tugas Kasir?

Seorang kasir harus memahami apa yang menjadi tugasnya agar bisa bekerja dengan baik. Tugas seorang kasir secara umum antara lain sebagai berikut :

#1 Menjalankan proses penjualan dan penerimaan pembayaran

Kasir merupakan ujung tombak di minimarket yang langsung head to head dengan pelanggan yang akan membayar. Sikap yang sopan dan ramah serta penampilan yang menarik dan rapi sangat penting untuk ditonjolkan di sini. Selain itu, seorang kasir juga harus pandai berkomunikasi dengan pelanggan agar suasana tidak kaku.

Saat menerima pembayaran seorang kasir harus teliti. Pengecekan uang kertas asli atau palsu dengan lampu ultra violet harus dilakukan. Pada saat memberikan kembalian pun, uang harus dihitung jangan sampai lebih atau kurang, harus pas

#2 Mencatat setiap transaksi

Semua transaksi penjualan harus dicatat dengan teliti, jangan sampai ada yang terlewat atau bahkan salah terutama pada penulisan angka karena akan berakibat fatal. Namun, sekarang tugas pencatatan seluruh transaksi sudah digantikan dengan software point of sales (aplikasi penjualan) yang umum digunakan di minimarket. Meski demikian, tetap saja kasir harus teliti saat memasukkan data barang yang dibeli oleh pelanggan.

#3 Membantu memberikan informasi mengenai suatu produk kepada pelanggan


Pelanggan terkadang menanyakan harga, ketersediaan bahkan informasi mengenai tanggal kadaluarsa barang pada kasir. Maka, pengetahuan tentang suatu produk dan kemampuan komunikasi yang baik, sopan dan ramah sangat penting. Kasir harus memiliki sikap tersebut agar pelanggan merasa nyaman dan senang karena rasa ingin tahunya bisa terjawab.

#4 Melayani transaksi dan packing barang 

Selama melakukan pencatatan barang ke software penjualan, seorang kasir perlu mengajak pelanggan berbicara dengan ramah secukupnya sebagai basa-basi atau bisa juga menawarkan produk lainnya. Jangan lupa untuk memasukkan barang yang sudah dicatat ke dalam plastik. Untuk memasukkan barang kedalam plastik ini, sebaiknya pisahkan antara produk makanan dan yang bukan makanan.

#5 Melakukan pengecekan barang sebelum menyerahkan ke pelanggan

Penyerahan barang kepada pelanggan dilakukan setelah proses pencatatan transaksi dan pembayaran selesai. Namun sebelum memberikan barang, kasir harus mengecek apakah semua barang sudah masuk ke dalam plastik atau belum. Jangan sampai ada yang tertinggal karena akan merugikan konsumen.

Apa Tanggung Jawab Kasir?

Semua pekerjaan sudah seharusnya diselesaikan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Begitu juga kasir mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya. Berikut ini beberapa tanggung jawab kasir.

#1 Bertanggung jawab terhadap transaksi penjualan

Mencatan setiap transaksi penjualan adalah tugas utama yang harus dilaksanan dengan penuh tanggung jawab oleh seorang kasir. Jika ada transaksi yang salah misalnya uang di laci kurang pada saat akan tutup shift atau tutup hari, maka kasir harus menggantinya.

#2 Menyetorkan uang transaksi penjualan dan serah terima shift

Kasir harus segera menyetorkan uang hasil penjualan kepada atasannya beserta laporan atau bukti transaksi. Setelah itu, melakukan serah terima shift pada kasir di shift berikutnya.

#3 Memberikan laporan pada atasan

Jika ada sesuatu hal yang kurang dipahami, sebaiknya segera melapor kepada atasan karena untuk menghindari kesalahan yang fatal dan sesegera mungkin dilakukan pencegahan sehingga risiko kerugian bisa diminimalkan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab kasir minimarket. Namun dalam praktiknya, sering kali tugas dan tanggung jawab kasir lebih dari itu. Hal ini karena menyesuaikan dengan situasi dan kondisi minimarket tempat dia bekerja.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

12 komentar untuk "Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kasir Minimarket"

  1. Balasan
    1. Terimakasih kembali.

      Semoga artikel tentang pekerjaan kasir minimarket ini bermanfaat untuk Anda.

      Hapus
  2. terima kasih infonya ijin copy mas

    BalasHapus
  3. Ka mau nanya dong kalau misalkan
    Apabila kamu seorang kasir di Indomart kemudian ada konsumen yang komplain atas kesalahan kamu, karena kamu mengscand produknya 2 sedangkan yang dibeli konsumen cuma 1.Bagaimana cara kamu menyelsaiakannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap transaksi sebenarnya bisa dilakukan retur jika terjadi kesalahan dalam transaksi tersebut.

      Maka, jika saya kasir Indomaret dan melakukan kesalahan seperti itu, tentu hal pertama yang akan saya lakukan adalah meminta maaf kepada konsumen atas kesalahan tersebut, lalu melakukan retur penjualan pada barang yang kelebihan tadi. Dengan begitu, masalah selesai.

      Untuk kasus di Indomaret, sebaiknya juga dikonsultasikan dengan Kepala Toko karena terkadang untuk melakukan retur penjualan ada privillege khusus siapa yang bisa melakukannya.

      Terimakasih.

      Hapus
  4. Menuturtku sih untuk transaksi penjualan ada yg pe4lu ditambahkan yaitu
    Memastikan bahwa transaksi yang dilakukan sesuai dengan nominal dan barang.

    Salam blogger.

    Follow back yah kak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, setuju banget.

      Bagaimanapun juga pada transaksi jual beli memang harus jelas mengenai barang dan nominal yang harus dibayar oleh konsumen.

      Salam juga ya...

      Hapus
  5. Saya pengin buka usaha swalayan, sudah ada dana dan mempersiapkan tempat sudah diatur. tapi saya masih bingung dan minim ilmu tentang dunia perswalayanan, kira" biar yg perlu sy lakukan lagi itu apa ya? Apa langsung merekrut karyawan? Lalu untuk persyaratan mencari karyawannya apakah perlu mencari yang sudah berpengalaman di dunia perswalayanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal mbak Rinasih.
      Untuk masalah ilmu, kita bisa belajar dari berbagai sumber, apalagi sekarang sudah banyak yang berbagi ilmu dan pengalaman tentang dunia swalayan baik di website maupun youtube.

      Nah untuk persiapan tempat, mbak rina masih butuh peralatan seperti rak minimarket, komputer, barcode scanner, printer kasir, software kasir dan lain sebagainya.

      Untuk masalah karyawan boleh mencari yang sudah perpengalaman ataupun belum. Nah, disini yang terpenting sebelum mulai kerja, karyawan perlu kita breafing terlebih dahulu mengenai SOP swalayan dan tugas serta tanggung jawab sebagai karyawan swalayan.

      Sebaiknya usahakan ada karyawan yang sudah berpengalaman agar menjadi lebih mudah.

      Oh ya, untuk masalah pengadaan rak dan lainnya, saya bisa bantu mbak. Kalau mbak Rina berminat bisa hubungi saya melalui halaman https://ritelan.blogspot.com/p/hubungi-kami.html

      Terimakasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Aku mau tanya juga dong. Ada nggak kasus di mana ada kasir yang inisiatif ngasih produk yg lagi diskon itu sama pembeli. Meski awalnya pembeli nolak, tapi udahannya pembeli terima juga dan tetep membayarnya juga. Itu jadinya gimana?
    Sama satu lagi, apa yg dilakukan kasir pas toko udh mau tutup? Maksudnya udh nggak ada yg beli. Apa boleh beres2 sekalian nunggu toko tutup? Bisa begitu nggak sih? Terima kasih.

    BalasHapus