Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal ini Bisa Menyebabkan Minimarket Anda Susah Berkembang

Sebuah minimarket akan berkembang bila dikelola dengan baik. Di tengah maraknya persaingan bisnis ritel seperti sekarang ini, strategi jitu pemasaran dan penanganan barang serta kemampuan koordinasi antar personel memegang peran penting. Jika minimarket Anda masih saja susah berkembang, itu berarti ada yang salah dengan sistem kerja Anda. Apa yang menyebabkan minimarket susah berkembang?

minimarket susah berkembang


Ada poin penting yang harus digaris bawahi tentang pengelolaan minimarket yang baik. Sekarang kita lihat mulai dari komponen apa saja yang saling berinteraksi di dalam minimarket.
  1. Karyawan, meliputi manajer, kasir, pramuniaga, bagian gudang dan staff lainnya
  2. Barang
  3. Suplier
  4. Pelanggan
  5. Sarana dan Prasarana termasuk software, hardware dan kelengkapan minmarket lainnya.
  6. Anda sebagai pemilik usaha.
Semua komponen ini harus terkoordinasi dengan baik agar setiap proses yang terjadi bisa berjalan dengan lancar. Apa relevansi keenam komponen tersebut hingga bisa menjadi sebab minimarket Anda susah berkembang?

Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab tidak Jelas

Karyawan sebagai pelaku utama harus mampu bekerja sesuai dengan job description masing-masing sekaligus berinteraksi dengan sesama karyawan, barang, suplier dan pelanggan. Mau tidak mau karyawan harus menjalankan tugasnya sesuai dengan jabatan yang mereka pegang.

Jika di minimarket Anda masih terjadi hal-hal seperti bagian gudang menata barang di rak toko atau bahkan melayani pembeli yang akan membayar, maka itu termasuk ke dalam pembagian tugas yang tidak jelas. Kasir harus stand by di tempatnya, tidak boleh meninggalkan tempat kecuali ada hal yang penting. Untuk bagian menata barang, pramuniaga yang harus melaksanakannya. 

Sementara staf bagian gudang melaksanakan tugas di lingkungan gudang seperti melayani suplier dan menginputkan barang ke software minimarket.

Manajer sebagai atasan menjalankan tugas mengkoordinasikan rekan-rekannya agar bekerja dengan baik. Rasanya tidak pantas jika manajer ikut menata barang apalagi mengepel lantai.

Pembagian tugas yang tidak jelas dapat menjadi salah satu sebab minimarket sulit berkembang karena karyawan tidak fokus pada pekerjaannya masing-masing.

Hubungan antar Karyawan, Suplier, Pemilik Usaha yang tidak Harmonis

Bagaimanapun juga kenyamanan dalam bekerja di minimarket juga dipengaruhi oleh keharmonisan hubungan baik antar subyek di dalamnya.

Anda tentu bisa membayangkan seperti apa jika terjadi ketegangan antar individu dilingkungan kerja, bukan? Hal ini tentu bisa menyebabkan perkembangan minimarket terhambat karena mereka sibuk dengan egonya.

Sebisa mungkin, jagalah hubungan antar individu yang terlibat, bisa dengan mengadakan briefing secara rutin bahkan mungkin family gathering.

Sarana dan Prasarana Kurang Memadai

Perlengkapan yang ada di minimarket harus dijaga agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ada beberapa hal menyangkut peralatan yang sering terjadi trouble dan harus segera memerlukan penanganan khusus. Misalnya software kasir minimarket tidak handal, kinerja lambat dan lain sebagainya. Ketersediaan komputer cadangan dan UPS serta jaringan komputer yang baik sangat penting untuk menunjang pekerjaan

Selain itu, desain instalasi listrik yang buruk juga bisa mengganggu kerja karyawan. Dengan keadaan seperti itu, listrik bisa saja anjlok sewaktu-waktu saat tidak bisa menahan beban berat.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi alasan minimarket susah berkembang. Dengan adanya kendala-kendala seperti itu, rasanya sulit bagi minimarket Anda bisa berkembang. Maka, periksa lagi apakah hal-hal yang saya sebutkan di atas masih terjadi di tempat Anda. Jika ada, segera selesaikan.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

Posting Komentar untuk "Beberapa Hal ini Bisa Menyebabkan Minimarket Anda Susah Berkembang"