Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Kesejahteraan yang Harus Anda Berikan untuk Karyawan

Mempekerjakan karyawan adalah salah satu cara untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan baik. Mereka yang akan membantu mencarikan keuntungan, secara tidak langsung mereka bekerja untuk mensejahterakan Anda. Maka sudah sepantasnya, Anda sebagai pemilik usaha juga harus memperhatikan kesejahteraan karyawan. Kali ini saya akan berbagi beberapa cara agar karyawan Anda sejahtera dengan beberapa program kesejahteraan untuk karyawan

kesejahteraan karyawan

Cara Mensejahterakan Karyawan

Mengapa karyawan harus sejahtera? Karena mereka adalah aset paling berharga yang harus Anda jaga. Untuk memenuhi hal tersebut, ada beberapa poin penting sebagai cara agar karyawan Anda sejahtera. Silahkan cermati program kesejahteraan karyawan berikut ini.

#1 Gaji Karyawan

Sekecil apapun keuntungan yang didapat, kesejahteraan karyawan harus tetap Anda perhatikan. Jangan pernah beralasan untung sedikit tidak bisa bayar gaji karyawan tinggi. Seberapa tinggi?

Sebagai pemilik usaha tentu Anda sudah memahami bahwa gaji karyawan tidak boleh lebih rendah dari upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota. Hal ini tertulis dalam pasal 90 UUK Nomor 13 Tahun 2003. Sudah layakkah gaji yang Anda berikan untuk karyawan? Jika belum semoga karyawan Anda dan keluarganya tidak menyumpah serapahi Anda!

#2 Tunjangan

Tunjangan ini juga ada aturannya dan termasuk salah satu komponen upah berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah Dan Pendapatan Non Upah. Di surat tersebut komponen upah meliputi gaji pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Gaji Pokok adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada karyawan menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang mana besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan.

Tunjangan Tetap adalah pembayaran yang teratur berkaitan dengan pekerjaan, yang diberikan secara tetap untuk karyawan dan keluarganya. Contoh tunjangan tetap antara lain
  • Tunjangan istri
  • Tunjangan anak
  • Tunjangan perumahan
  • Tunjangan kematian
  • Tunjangan daerah
  • dan lain-lain.
Sementara untuk tunjangan makan dan transportasi bisa Anda masukan dalam komponen tunjangan tetap jika pemberian tunjangan tersebut tidak dikaitkan dengan presensi dan diterima secara tetap.

Tunjangan Tidak Tetap dibayarkan tidak teratur sesuai dengan pekerjaan dan besarnya tidak tetap. Misalnya, tunjangan transportasi yang didasarkan pada presensi atau kehadiran. Tunjangan makan juga bisa dimasukan ke dalam tunjangan tidak tetap jika diberikan atas dasar presensi.

Selain memberikan tunjangan-tunjangan di atas, Anda bisa menambahkan beberapa tunjangan lain sesuai dengan kebijakan perusahaan, misalnya tunjangan keahlian atau tunjangan hari raya dan lain sebagainya. Untuk tunjangan hari raya (THR) ini sudah umum diberikan kepada karyawan menjelang hari raya keagamaan, biasanya hari raya Idul Fitri.

Jadi dalam salip gaji karyawan Anda harus ada komponen upah tersebut.

#3 Beban Kerja dan Kompensasi

Sudah umum jika minimarket beroperasi setiap hari tanpa ada hari libur. Tapi karyawan harus Anda berikan kompensasi yang sesuai dengan beban kerja mereka.

Pada hari yang seharusnya libur, bisa berkumpul dengan keluarga tapi mereka masih harus disibukkan dengan pekerjaan. Maka jika Anda tidak mau membayar uang lembur sebaiknya karyawan diliburkan saja.

#4 Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa karyawan adalah aset yang paling berharga. Anda harus menjaga aset tersebut dengan baik.

Asuransi kesehatan bisa melindungi karyawan Anda dari beban biaya berobat jika mereka sakit. Ini secara tidak langsung berpengaruh pada usaha ritel yang Anda jalankan.

Anda juga harus memperhatikan keselamatan kerja karyawan. Buat mereka merasa aman dan nyaman saat bekerja dengan fasilitas yang layak.

5# Jenjang Karir yang Jelas

Apa yang akan Anda lakukan jika melihat karyawan yang  kinerjanya bagus? Tentu saja mempertahankan, bahkan jika dirasa mempunyai potensi untuk berkembang, Anda seharusnya memberikan kesempatan untuk jenjang karir yang lebih tinggi.

Dengan gambaran jenjang karir yang jelas, akan memacu semangat karyawan dalam bekerja. Meningkatnya jenjang karir tentu berpengaruh pada pendapatan yang diterima oleh karyawan sehinggal mereka lebih sejahtera.

#6 Pinjaman untuk Karyawan

Semua orang tentu punya kebutuhan tak terduga. Anda perlu memperhitungkan ini. Berikan karyawan Anda kredit tanpa bunga sehingga mereka akan terbantu.

Ada orang yang meminjamkan uang dengan bunga, tapi jika Anda mampu dan mau memberikan pinjaman tanpa bunga kepada karyawan berarti Anda luar biasa. Untuk aset paling berharga saya rasa tidak masalah asal dengan kesepakatan yang fair.

#7 Perencanaan Hari Tua

Sebagai seorang pebisnis Anda harus mempunyai visi jauh ke depan. Sikap optimistis yang tinggi akan keberhasilna dan kemajuan usaha Anda harus Anda yakini. Dengan begitu, Anda harus mempunyai rencana jangka panjang.

Perencanaan jangka panjang Anda seharusnya bukan hanya soal perkembangan bisnis, namun juga harus meliputi program rencana hari tua untuk karyawan. Tentu saja program jaminan hari tua ini diperuntukkan bagi karyawan yang loyal dan masa kerjanya sudah lama.

Apa yang membuat karyawan loyal? umumnya karena mereka merasa nyaman dan sejahtera bekerja bersama Anda. Ini akan menciptkan kedekatan emosional antara pengusaha dan karyawan sehingga mereka menjadi loyal.

Karyawan yang loyal dan berprestasi patut Anda pertahankan, maka sejahterakan mereka dengan menjalankan program kesejahteraan tersebut secara konsisten. Anda tentu tidak mau mati konyol bisnis Anda bangkrut karena ditinggal karyawan bukan? Jadi segera lakukan agar karyawan Anda sejahtera.

Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

Posting Komentar untuk "Program Kesejahteraan yang Harus Anda Berikan untuk Karyawan"