Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Jenis Rak yang Sesuai untuk Minimarket

Penggunaan rak untuk display barang di minimarket harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis rak minimarket ada banyak. Ini terkadang membigungkan pemilik usaha dalam memilih jenis rak yang cocok dengan ruangan minimarket. Harga rak minimarket murah juga perlu dipertimbangkan dalam pemilihan model dan ukuran rak yang akan digunakan.

rak minimarket


Variasi bentuk rak yang umum dipakai pada minimarket misalnya rak type AZ yang dipakai oleh Indomaret dan Alfamart. Namun, jenis rak minimarket yang beredar dipasaran tidak hanya itu saja. Masih ada jenis lainnya yang bisa Anda pilih agar sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan desain bentuk ruangan minimarket Anda.

Jenis dan Ukuran Rak Minimarket


Mari kita bahas beberapa jenis rak yang bisa Anda gunakan untuk menata barang.

#1 Rak Minimarket Type AZ

Tipe rak minimarket AZ ini sama seperti yang digunakan oleh minimarket kelas nasional, Indomaret. Umumnya didesain untuk menampilkan kesan modern. Sangat cocok untuk toko kelontong, sembako, alat tulis dan lain sebagainya yang menerapkan konsep minimarket swalayan.

Rak type AZ ini terbagi menjadi 3 model yaitu :

Rak Minimarket Single

Jenis rak ini hanya mempunyai satu sisi sehingga sangat cocok ditempatkan menempel pada dinding. Ukuran rak minimarket single juga bervariasi. 
  • Rak Single Leg 42 cm, ukuran P x L x T = 90 x 42 x 170 cm (tinggi lainnya 150 cm, 120 cm)
  • Rak Single Leg 37 cm, ukuran P x L x T = 90 x 37 x 170 cm (tinggi lainnya 150 cm, 120 cm)
  • Rak Single Leg 32 cm, ukuran P x L x T = 90 x 32 x 170 cm (tinggi lainnya 150 cm, 120 cm)
  • Rak Single Leg 27 cm, ukuran P x L x T = 90 x 27 x 170 cm (tinggi lainnya 150 cm, 120 cm)

Rak Minimarket Double

Rak double diletakkan ditengah ruangan sehingga disebut juga rak island (pulau). Dalam sebuah minimarket, penggunaan rak yang mempunyai dua sisi ini adalah yang paling banya. Variasi ukuran rak double ini antaralain
  • Rak Double Leg 42 cm, ukuran P x L x T = 90 x 42 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak Double Leg 37 cm, ukuran P x L x T = 90 x 37 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak Double Leg 32 cm, ukuran P x L x T = 90 x 32 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak Double Leg 27 cm, ukuran P x L x T = 90 x 27 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)

Rak Minimarket End

  • Rak End Leg 42 cm, ukuran P x L x T = 90 x 42 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak End Leg 37 cm, ukuran P x L x T = 80 x 37 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak End Leg 32 cm, ukuran P x L x T = 70 x 32 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
  • Rak End Leg 27 cm, ukuran P x L x T = 60 x 27 x 150 cm (tinggi lainnya 170 cm, 120 cm)
Dari mana saya mendapatkan data ukuran rak tersebut? Ini saya dapat dari situs salah satu produsen rak minimarket murah berkualitas, rajarak.co.id

#2 Rak Gondola

Selain tipe AZ, rak minimarket yang sering digunakan adalah rak gondola. Rak ini biasanya digunakan untuk menata snack, berbagai jenis roti, dan lain sebagainya. Ada juga rak gondola yang didesain khusus untuk display buku dan majalah.

Jika minimarket Anda menjual roti tawar, snack tradisional hingga buku dan majalah, maka saya sangat menyarankan Anda juga menggunakan jenis rak ini.

Memilih jenis rak minimarket yang sesuai dengan desain ruangan akan membuat ruangan terkesan serasi, pas dengan ukurang ruangan.

Harga Rak Murah atau Mahal?

Bicara soal harga murah atau mahal itu relatif, tergantung dari bahan yang digunakan dan kualitasnya. Kalau ingin mendapatkan harga rak minimarket yang murah, sebaiknya Anda mencari referensi sebanyak-banyaknya dari internet misalnya dengan kata kunci "rak minimarket murah" atau "harga rak minimarket" jika Anda menginginkan informasi lengkap daftar harga rak minimarket murah.

Tapi saya rasa harga rak minimarket yang beredar dipasaran rata-rata sama. Tinggal bagaimana Anda memilih distributor rak yang berkualitas, mampu menahan beban barang yang di display di atasnya dan yang terpenting rapi serta tidak berkarat.

Satu lagi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rak minimarket, ada baiknya hitung dulu berapa perkiraan kebutuhan rak untuk masing-masing jenis rak agar tidak kurang atau lebih, lebih sedikit tidak apa-apa. Tapi jika kurang, maka Anda harus mengeluarkan dana lagi untuk transport. Jika kelebihan banyak maka akan sia-sia karena tidak digunakan. Artinya Anda membuang-buang uang.

Demikian artikel saya  kali ini tentang jenis rak minimarket murah. Selamat memilih jenis rak minimarket yang sesuai dengan budget dan kondisi minimarket Anda.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

1 komentar untuk "Memilih Jenis Rak yang Sesuai untuk Minimarket"

  1. Sama-sama, salam kenal juga.
    Semoga bisnis aneka macam rak minimarket Anda sukses ya.

    BalasHapus