Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Software Kasir Minimarket yang Handal

Software point of sales atau sering juga disebut sebagai software kasir adalah salah satu sarana terpenting dalam pelayanan terhadap konsumen di minimarket. Saat pertama kali terjun ke bisnis ritel tentu Anda akan membutuhkan software kasir yang handal sehingga mampu menangani setiap transaksi.

software kasir minimarket


Ada banyak developer software kasir minimarket beredar dipasaran dengan harga bervariasi. Misalnya saja Foliopos atau Soltius. Kedua developer ini fokus pada pengembangan software kasir terintegrasi sistem informasi keuangan minimarket. Perangkat lunak yang mereka sediakan semuanya siap pakai. Konsumen tinggal membeli, install dan siap untuk bertransaksi.

Namun, jika minimarket Anda mempunyai kebutuhan khusus, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada pengembang agar dibuatkan software custom yang sesuai dengan kebutuhan

Lebih Bagus Mana Software Siap Pakai atau Custom Software?

Keduanya sama baik, namun pada software siap pakai biasanya ada menu atau fungsi yang tidak kita butuhkan. Sedangkan pada custom software, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Hanya saja membutuhkan waktu cukup lama hingga software kita siap digunakan.

Apapun yang Anda pilih, pastikan software tersebut bisa diandalkan, proses kerjanya cepat, tidak lemot dan paling penting software kasir tersebut tahan banting.

Kalau disuruh memilih, saya sendiri cenderung akan memilih custom software karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Namun tetap saja harus pandai-pandai memilih developer software yang sudah terbukti hasil kerjanya.

Bagaimana Cara Memilih Software Kasir Minimarket Terbaik?

Calon pengguna sering kali dipusingkan dengan bagaimana memilih software kasir terbaik untuk minimarket karena ada banyak sekali developer software dengan produknya masing-masing. Saya rasa untuk ukuran bisnis, harga sudah tidak lagi menjadi persoalan karena ini termasuk investasi. Namun hal tersulitnya adalah mencari software handal yang benar-benar bisa diandalkan dan sesuai kebutuhan tidaklah mudah. Untuk itu, saya sarankan perbanyaklah membaca review,ulasan tentang software kasir minimarket.

Selain itu, tidak ada salahnya mengunjungi konsultan IT agar mendapatkan solusi permasalahan Anda. Dengan cara seperti itu tentu bisa menambah referensi dalam memilih software terbaik untuk minimarket Anda.

Untuk software siap pakai, biasanya pengembang menyertakan versi demo, sehingga Anda bisa mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Harga software general seperti ini biasanya juga lebih murah.

Itulah cara terbaik dalam memilih software kasir minimarket. Semua keputusan kembali kepada Anda karena kriteria handal untuk software kasir minimarket itu relatif. Jadi sebaiknya memang cari yang sesuai dengan kebutuhan.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

10 komentar untuk "Memilih Software Kasir Minimarket yang Handal"

  1. Pinginnya software pesen sendiri. Kira kira kalau pesan project untuk kasir apa membutuhkan banyak biaya ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pesan project pembuatan doftware kasir tergantung harga dari pihak developernya. Tapi mereka juga bisa kok menyesuaikan dengan budget Anda.

      Hapus
  2. Mantap gan..
    yang gratis jg banyak skrg gan POS nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang haji, sekarang banyak software kasir gratis. Cuma banyak keterbatasannya aja hehehe. Juga belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

      Hapus
  3. untuk mendapatkan mesin kasih ini dimana min n untuk harganya kisaran berapa ya. apakah mas jual juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, saya tidak menjual mesin kasir. Ini hanya membahas cara memilih software kasir untuk minimarket yang baik. Tapi kalau mas mau dibuatkan software custom, saya punya kenalan programer.

      Hapus
  4. Mas Faruq, saya Yudhi.

    Saya punya sebuah software toko "MiniMart", softwarenya gratis sepenuhnya kok dan bisa dipakai untuk kebutuhan toko kecil-kecilan.

    Apa mas boleh posting software buatan saya tersebut di website ini ?
    Pleasee .... ( " v " )

    KAlau mas mau menyimak softwarenya, boleh simak di sini :
    https://helloyud.blogspot.com/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    Saya juga pakai sendiri software ini di toko saya.

    Oke mas, kalau mas mau bertanya lebih lanjut kepada saya, silahkan kirim email ke : helloyud@gmail.com

    Sekian dulu mas, terima kasih atas perhatiannya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini ada developer software kasir yang baik hati mau berbagi secara gratis. Terima kasih mas Yudhi.

      Mengenai posting software buatan mas Yudhi di blog ini, silahkan saja mas. Mas Yudhi buat artikel tentang software tersebut dulu, yang menarik tentunya. Kalau sudah selesai, bisa kirimkan ke email saya grafiscape@gmail.com

      Terimakasih

      Hapus
    2. Pak, saya Yudhi.

      Maaf pak saya baru bisa balas sekarang karena saya tidak lihat balasan bapak & baru hari ini saya lihat ketika kebetulan mampir di website bapak.

      Oh iya pak, saya akan segera buatkan artikelnya yah pak ....

      Software ini sudah digunakan oleh beberapa orang .... dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas yah pak ....

      Nanti saya akan buat artikelnya & saya akan email bapak di grafiscape@gmail.com

      Oke pak faruq, ditunggu yah email dari saya ....

      Hapus
  5. Ayo pakai software toko GRATISSSS "MiniMart" !!!!!

    Software GRATISSSS "MiniMart" merupakan aplikasi kontrol stok sederhana yang bisa dipakai untuk toko konvensional (offline), seperti toko kelontong, bangunan, listrik, aksesoris HP, spare-part motor, dll

    Silahkan download langsung software GRATISSSS "MiniMart" di sini :

    https://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    BalasHapus