Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Jitu Bisnis Ritel Menang dalam Persaingan

Strategi jitu selalu dibutuhkan dalam setiap persaingan termasuk bisnis ritel. Persaingan bisnis ritel modern di Indonesia semakin lama menjadi semakin ketat. Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 99/1998 yang menghapuskan larangan investor dari luar untuk masuk ke dalam bisnis ritel di Indonesia, bisnis menjual barang secara langsung kepada konsumen ini semakin marak. Hal ini ditandai munculnya pertokoan dengan konsep self-service atau swalayan yang juga menggabungkan bisnis ini dengan perkembangan teknologi serta mempu menciptakan suasana belanja yang bersih dan nyaman membuat budaya tersendiri dalam kegiatan berbelanja bagi masyarakat Indonesia.

Peritel asli Indonesia mau tidak mau harus berhadapan dengan peritel asing yang sudah malang melintang dalam bisnis ini. Mereka tidak hanya tumbuh Indonesia tapi juga sudah memiliki cabang di berbagai belahan dunia. Untuk menjawab tantangan ini, maka peritel Indonesia harus menciptakan strateginya sendiri agar bisa memenangkan persaingan.

Strategi persaingan bisnis ritel
Strategi Jitu Bisnis Ritel Menang dalam Persaingan - Ilustrasi : Pixabay.Com

Ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan persaingan bisnis ritel diantaranya sebagai berikut :

Kenali Konsumen

Konsumen merupakan aset yang tak tergantikan dalam bisnis ritel. Tentun saja sumber penghasilan utama dari bisnis ini adalah belanja konsumen. Semakin banyak konsumen berbelanja, maka keuntungan peritel akan semakin besar pula. Dengan mengenali konsumen kita bisa memahami pola belanja, barang yang disukai dan lain sebagainya. Ini bisa dijadikan sebagai bahan acuan untuk membuat promosi atau program penawaran yang dapat meningkatkan minat belanja konsumen. Lebih dari itu, kita juga bisa menyiapkan program khusus untuk pelanggan yang loyal.

Program keanggotaan atau member dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk produk tertentu juga dapat diusahakan di sini. Intinya, pelajari apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan serta apa yang disukai oleh konsumen.

Promosi yang Kreatif

Sekedar membuat program promosi saja tidak cukup. Kreatifitas dalam mendesain suatu program promosi menjadi kunci yang sangat penting. Jangan pernah membuat program promosi yang biasa-biasa saja. Sekali-sekali boleh. Namun, jika terlalu sering maka pelanggan akan bosan juga.

Ada banyak hal yang bisa kita manfaatkan untuk membuat promosi yang kreatif sehingga mampu menarik minat calon pelanggan untuk membeli. Semua bisa Anda lakukan sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Akan tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal berikut ini

Momen

Dalam mendesain sebuah promosi, tentu ada hal yang mendasari atau menjadi tujuan utama yaitu meningkatkan omset penjualan. Di sini, kepekaan Anda terhadap momen-momen yang ada harus diasah agar mampu menghadirkan program promosi yang kreatif dan menarik.

Bagaimana cara melihat momen? Silahkan buka lihat kalender, terutama pada tanggal merah atau hari libur nasional selain hari minggu. Anda bisa melihat ada banyak momen sepanjang tahun. Mulai hari besar keagamaan, hari nasional seperti hari pahlawan, hari pendidikan dan lain sebagainya.

Anda bisa mengkondisikan gerai ritel agar sesuai dengan momen yang sedang berlangsung tersebut. Misal, pada hari pendidikan nasional, Anda bisa membuat sebuah program promosi khusus untuk alat tulis, seragam sekolah, sepatu, tas dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Anda bahkan bisa membuat semacam lomba cerdas cermat atau yang lainnya yang dapat mendatangkan pengunjung ke tempat Anda.

Target / Obyek

Target atau obyek yang menjadi sasaran promosi bisa berhubungan dengan suatu momen. Misalnya pada momen hari pendidikan nasional, maka target yang dibidik adalah anak-anak, meskipun secara tidak langsung mengarah pada orang tua, namun keinginan anak-anak untuk mendapatkan hadiah promosi atau barang tertentu dapat memicu orang tua untuk membeli.

Namun, pada promosi rutin seperti promosi bulanan, target yang sering dijadikan sasaran adalah ibu rumah tangga.

Pengelolaan Barang

Pengelolaan barang menjadi sesuatu yang mutlak untuk keberhaislan bisnis ritel. Pengelolaan barang meliputi penataan barang pada rak, kebersihan rak dan barang serta pengaturan dan peletakan barang khususnya barang konsumsi atau pangan.

Penataan barang pangan sangat penting untuk mengurangi resiko kadaluarsa atau expired sehingga dapat meminimalkan resiko kerugian.

Pelayanan Konsumen

Konsumen tentu akan senang jika terlayani dengan baik. Jika sudah merasa demikian, maka konsumen akan nyaman berbelanja di toko Anda. Standar pelayanan konsumen yang umum di bisnis ritel adalah 3S (Senyum, Salam, Sapa). Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan swalayan atau toko juga merupakan bagian dari pelayanan yang baik.

Jaga Hubungan antar Karyawan

Menjaga hubungan baik antar karyawan juga merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan dalam setiap usaha termasuk bisnis ritel. Apa jadinya jika pegawai Anda saling memiliki masalah?

Untuk menjaga hubungan baik antar pegawai, Anda bisa mengadakan briefing secara rutin dengan kondisi santai secara kekeluargaan sehingga dapat menimbulkan keakraban diantara masing-masing pegawai. Sesekali mereka perlu diajak liburan bersama jika perlu ajak keluarga pegawai. Tidak ada salahnya libur 1 hari untuk menjaga aset terpenting dalam bisnis Anda.

Itulah beberapa strategi jitu bisnis ritel untuk menang dalam persaingan. Sebenarnya sangat banyak yang bisa diterapkan. Namun, tidak akan pernah cukup untuk menjelaskannya satu per satu. Semuanya saling berkaitan dan saling melengkapi, juga tergantung bagaimana kreatifitas dan seni Anda dalam bersaing di bisnis ritel.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

Posting Komentar untuk "Strategi Jitu Bisnis Ritel Menang dalam Persaingan"