Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Pertimbangan sebelum Mendirikan Minimarket

Beberapa tahun belakangan ini memang banyak bermunculan minimarket baru. Banyak pengusaha berlomba, mencoba peruntungan dengan mendirikan minimarket.

Sudah umum diketahui banyak orang jika pada saat akan memulai sebuah usaha perlu adanya riset agar ke depannya, usaha bisa berjalan dengan baik. Begitu juga sebelum mendirikan minimarket baru. Perlu adanya penelitian dan pertimbangan yang matang.

Daftar pertimbangan untuk mulai bisnis minimarket.

Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan baik-baik. Jangan sembrono untuk memulai sesuatu yang besar. Saya katakan besar karena mendirikan minimarket membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mendirikan minimarket. Karena ini sudah dapat dipastikan bisa menjadi faktor penentu keberhasilan usaha.


Berikut saya sampaikan poin-poin yang menurut saya sangat penting untuk Anda pertimbangkan jika akan mendirikan sebuah minimarket.

1. Pemilihan lokasi yang tepat untuk mendirikan minimarket

Lokasi atau tempat yang akan dibangun memegang peran penting dalam menentukan  berhasil atau tidaknya toko minimarket.

Anda harus menentukan lokasi pendirian minimarket berdasakan kriteria yang sesuai. Apa kriteria lokasi yang baik untuk mendirikan minimarket?

Pada dasarnya, ini sama saja dengan kriteria saat Anda ingin mendirikan sebuah usaha. Anda bisa mencoba pertimbangan lokasi berdasarkan kriteria berikut ini.

a. Kepadatan penduduk

Jumlah penduduk yang ada di sekitar lokasi yang akan didirilan minimarket patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, dengan padatnya jumlah penduduk akan merupakan peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan konsumen potensial bagi minimarket.

b. Jarak dari fasilitas umum

Kriteria yang tidak kalah penting sebagai kriteria lokasi yang potensial untuk pendirian minimarket adalah jarak lokasi minimarket Anda dengan fasilitas umum.

Dekat atau bahkan tepat di pinggir jalan raya adalah salah satu contoh yang tepat. Dengan lokasi yang berdekatan dengan jalan raya, minimarket Anda akan mudah didatangi oleh calon pelanggan. Jangan lupa persiapkan area parkir untuk motor dan mobil.

Selain itu, pikirkan juga kedekatan lokasi dengan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, kantor dan lain sebagainya. Karena anak sekolah dan pegawai kantoran bisa menjadi target konsumen minimarket.

c. Daya beli dan pola konsumtif masyarakat sekitar

Saya sangat menyarankan Anda melakukan riset mengenai daya beli masyarakat sekaligus bagaimana pola konsumtif mereka.

Anda bisa mengamati toko atau minimarket calon kompetitor. Jika minimarket tersebut ramai, maka bisa diartikan daya beli dan pola konsumtif masyarakat besar. Ini adalah peluang yang sangat bagus.

d. Jarak dengan kompetitor

Dalam setiap bisnis pasti selalu ada persaingan. Saat Anda memutuskan untuk mendirikan sebuah minimarket, sebaiknya cari lokasi yang agak berjauhan dengan calon kompetitor

Jika kompetitor Anda ramai pelanggan, jangan silau dulu untuk mendirikan minimarket tepat di sebelahnya. Sebagai pemain baru, Anda sudah pasti akan kalah bersaing. Kecuali jika Anda tahu trik mendapat pelanggan loyal untuk minimarket.

2. Desain Bangunan dan Penataan Ruangan

Selain harus menentukan lokasi yang pas dengan kriteria yang tepat, Anda juga harus mempertimbangkan bentuk bangunan dan penataan ruangan minimarket.

Dalam hal ini, desain berperan penting. Yang perlu Anda ingat adalah desain bentuk bangunan dan penataan ruangan minimarket harus bisa mengakomodasi dan memudahkan konsumen dalam berbelanja.

Bagaimana desain penataan ruangan yang baik untuk minimarket?

Anda bisa lihat Indomaret atau Alfamart. Mereka tidak sembarangan dalam menata rak di minimarket. Itu baru rak, untuk display barang, listing produk, mereka menatanya sedemikian rupa agar calon pembeli berubah status menjadi pembeli.

Satu lagi yang tak kalah penting dalam hal penataan ruangan adalah penerangan. Anda tentu pernah merasakan sensasi barang dibawah sorotan cahaya terlihat semakin menarik untuk dibeli bukan?

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan fasilitas kamar kecil, toilet dan area parkir untuk pelanggan minimarket.

3. Memilih Software Kasir yang Handal

Anda butuh software kasir untuk mencatat setiap transaksi di minimarket. Dalam memilih software kasir, Anda harus benar-benar selektif.

Carilah developer software yang kompeten dalam membuat software penjualan yang handal. Mengapa harus memakai jasa developer software? Bukankah banyak software kasir siap pakai?

Dengan menggunakan jasa developer software, Anda bisa mendapatkan software kasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika budget untuk pengadaan kebutuhan software Anda kecil, ada baiknya Anda memilih aplikasi kasir siap pakai.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya yang berjudul cara memilih software kasir minimarket.

Saya rasa tiga hal yang saya sebutkan di atas sangat patut untuk Anda pertimbangkan sebelum mendirikan minimarket. Namun, jika Anda mempunyai pertimbangan lain, saya akan sangat senang kalau Anda mau berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar pada bagian bawah artikel ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini dengan pokok bahasan beberapa pertimbangan sebelum mendirikan minimarket. Semoga bermanfaat.
Muhammad Faruq
Muhammad Faruq Bukan blogger fulltime, ngakunya hobi, tapi cuma nulis kalau lagi pingin saja. Masuk kategori umbi-umbian saat pandemi Covid-19 karena tidak mempan aturan PPKM Darurat sekalipun, Tetap kerja, No WFH.

1 komentar untuk "Beberapa Pertimbangan sebelum Mendirikan Minimarket"

  1. Ayo pakai software toko GRATISSSS "MiniMart" !!!!!

    Software GRATISSSS "MiniMart" merupakan aplikasi kontrol stok sederhana yang bisa dipakai untuk toko konvensional (offline), seperti toko kelontong, bangunan, listrik, aksesoris HP, spare-part motor, dll

    Silahkan download langsung software GRATISSSS "MiniMart" di sini :

    https://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    BalasHapus